Share This Post

PLN Alirkan Listrik ke Pulau Berkadar Oksigen Tertinggi

distribusi pln
Jakarta – PT PLN (Persero) Unit Distribusi Jawa Timur mengoperasikan Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD) di Pulau Gili Iyang, Kecamatan Dungkek, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur.

General Manager PLN Distribusi Jawa Timur Dwi Kusnanto mengatakan,‎ Gili Iyang yang sejak 2015 lalu dicanangkan sebagai objek wisata kesehatan karena kadar oksigen di pulau tersebut tertinggi di dunia yakni 21,5 persen, lebih tinggi dari kadar oksigen rata-rata yang sebesar 20 persen.

Di Gili Iyang, PLN mengoperasikan PLTD berkapasitas 3 x 500 kilo Watt (kW). Pembangkit ini mampu untuk melistriki sebanyak 3 ribu pelanggan yang berada di dua desa yakni Desa Bancamara dan Desa Banraas.

“Setelah dioperasikannya PLTD, kini penduduknya sudah dapat menikmati listrik PLN,” kata Dwi, di Jakarta, Jumat (10/11/2017).

Menurut Dwi, dalam melistriki pulau terdepan di Jawa Timur ini, PLN menghadapi tantangan.Perjalanan yang memakan waktu tidak sebentar dari Surabaya menuju Pamekasan sekitar 4 jam, lalu diteruskan menuju Sumenep membutuhkan waktu 1,5 jam melewati jalur darat.

Selanjutnya, menyeberang ke Gili Iyang menggunakan transportasi kapal penumpang selama 45 menit hingga 1 jam. Akses menuju lokasi pendirian tiang pun tak mulus.

“Untuk mendaratkan mesin trafo, PLN mesti memutar otak. Hal ini disebabkan kondisi alam dan laut di sekitar pulau yang tak tak memungkinkan kapal merapat dengan stabil,” terang Dwi.

Dwi melanjutkan, masyarakat setempat bersama dengan PLN berjibaku membuat daratan dari karung – karung berisi pasir. Setelah dirasa cukup tinggi, barulah mesin dapat didaratkan dengan bantuan forklift dari kapal ke daratan.

“Segala kesulitan dan tantangan ini sirna tatkala tiang beton dan trafo berdiri hingga terpasangnya jaringan hingga kwh meter ke rumah – rumah masyarakat,” ujar Dwi.

Dengan usaha dari berbagai pihak, kini desa tersebut sudah teraliri listrik dan berharap akan menjadikan desa tersebut menjadi berkembang seperti layaknya desa-desa lain di seluruh Indonesia.

Share This Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>