Share This Post

‘Lembuswana’ Indonesia di Miss Supranational 2017

lembuswana indonesia
Indonesia, diwakili Karina Nadila akan mengenakan kostum sosok satwa mitologi 'Lembuswana' di ajang Miss Supranational 2017. (Foto: CNN Indonesia)

Jakarta – Dalam setiap kontes kecantikan, sesi perlombaan national costume atau kostum nasional selalu jadi ajang yang begitu dinanti. Yayasan Puteri Indonesia belum lama ini merilis kostum nasional Bunga Jelitha untuk melaju di kompetisi Miss Universe 2017.

Kini, giliran Karina Nadila Niab, runner up 2 Puteri Indonesia 2017 yang akan membawakan sosok satwa mitologi dalam kostum nasionalnya.

Kostum bertajuk “Lembuswana: The Apparatus of The King” ini merupakan hasil kreasi Jember Fashion Carnival. Lembuswana adalah hewan tunggangan milik Dewa Batara Guru. Hewan ini dicirikan memiliki belalai tapi bukan gajah, bertaring tapi bukan harimau dan bertaji tapi bukan ayam jantan.

Sebuah legenda pernah menyebut bahwa ia pernah muncul di Sungai Mahakam ratusan tahun silam. Ia yang merupakan simbol keperkasaan dan kedaulatan seorang penguasa kemudian dijadikan simn Kerajaan Kutai Kartanegara, Kalimantan.

Nina, panggilan akrab Karina, mengenakan hiasan kepala berupa kepala singa yang bermahkota dan melambangkan keperkasaan seorang raja. Pada bagian pundak terdapat kepala gajah yang melambangkan Dewa Ganesha, lambang ilmu pengetahuan.

Lembuswana digambarkan bersayap garuda, sehingga pada bagian punggung disematkan sayap berwana emas dan coklat juga tak lupa ekor singa. Bila diperhatikan, pada bagian atasan, warna keperakan plus detail menggambarkan sisik ikan.

Pada bagian kaki terdapat taji berwarna putih. Nina tampil bak ksatria dengan senjata yang terinspirasi dari gading gajah.

“Lembuswana jadi inspirasi karena memang filosofinya yang menarik. Mitosnya. Kami bersama tim mengerjakan kurang lebih selama dua bulan,” ujar Dynand Fariz, Direktur Jember Fashion Carnival pada CNNIndonesia.com usai konferensi pers di Aula Sasono Mangunsarkoro, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (10/11).

Sementara itu, Nina menuturkan bahwa dirinya merasa bangga mengenakan kostum karya Jember Fashion Carnival. Sebelumnya, kata Nina, ide awal kostum ingin mengambil tema kuda lumping. Namun, kuda lumping sulit direalisasikan menjadi kostum yang grande, padahal ajang Miss Supranational sering menginginkan sesuatu yang sifatnya carnival atau grande.

Indonesia Bawa Kostum 'Lembuswana' ke Miss Supranational 2017

Tampilan belakang penuh detail dari kostum nasional Lembuswana, untuk Miss Supranational 2017. (Foto: CNN Indonesia)

“Filosofi Lembuswana ini mencerminkan Puteri Indonesia yang cerdas, hebat, juga singa melambangkan kekuatan, belalai lambang Ganesha. Sisik menggambarkan orang yang rendah hati. Bahwa seagung-agungnya pemimpin, ia harus mengayomi rakyatnya,” kata Nina.

Berat 30 Kilogram

Nina sendiri mengaku, kostum ini punya berat hampir 30 kilogram. Namun, ia berhasil membawakannya dengan anggun tapi gagah layaknya ksatria.

Ajang Miss Supanational 2017 akan dimulai pada 16 November hingga 2 Desember. Sedangkan untuk grand final akan diselenggarakan di The MOSIR, Krynica Zdroj, Polandia pada 1 Desember 2017.

Indonesia pertama kali mengirimkan wakilnya pada 2013. Para puteri ini tak pernah pulang dengan tangan kosong. Pada, Cok Istri membawa gelar 3rd Runner Up dan 2nd Runner Up Best National Costume Miss Supranational 2013.

Pada 2014, Estelita Liana berhasil meraih prestasi Best National Costume Miss Supranational 2014 dengan mengusung kostum bertajuk ‘Warrior Princess of Borneo’.

Prestasi ini pun menular pada wakil Indonesia di tahun berikutnya, Gresya Amanda dengan kostum bertema ‘Mystical Toraja’. Terakhir pada 2016, Intan Aletrino membawa dua gelar, yakni Top 10 Miss Supranational 2016 dan Miss Elegance Multimedia.

Deretan prestasi wakil-wakil Indonesia sebelumnya membuat Nina bersemangat untuk berjuang demi membawa pulang mahkota Miss Supranational pertama bagi Indonesia. Nina akan bertolak ke Polandia pada Senin (13/11) mendatang.

“Saya mohon doanya, dukungannya. Enggak ada yang lebih penting dari doa. Doakan saya bisa membawa mahkota Miss Supranational yang pertama,” katanya sembari terisak.

Share This Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Lost Password

Register